Macam Doa Anak-Anak

Macam Doa Anak-Anak

Seperti yang kita tahu bahwa anak akan tumbuh menjadi orang baik jika kita sebagai orang tua nya juga mendidiknya dengan baik. Akan sangat jarang sekali kita menemukan orang yang baik namun anaknya tumbuh menjadi orang yang buruk alias tidak baik. Hal ini dikarenakan pada dasarnya baik atau tidaknya seorang anak akan tergantung pada perilaku kita di masa lalu. Karena sikap orang tua akan dominan menurun pada anak-anak mereka. Nah untuk menciptakan anak yang sholeh dan baik maka kita sebagai orang tua harus memperbaiki akhlak kita dulu dankemudian mendidik anak kita dengan baik sejak dini. Contoh kecil kita mendidik anka kita bisa dengan mengajarkan doa anak-anak pada mereka. Sehingga mereka akan terbiasa membaca doa di setiap kegiatan yang akan mereka kerjakan.

Ada sangat banyak sekali doa anak-anak yang bisa kita ajarkan pada anak-anak kita. Setiap aktifitas yang akan mereka jalani di situ kita bisa mengajarkan doa pada mereka. Perlu diingat selain mengajarkan doa untuk anak kita kita juga harus mengajarkan amalan-amalan baik juga terhadap mereka. Sehingga jika sejak dini mereka diajarkan untuk berbuat baik maka kelak saat tumbuh dewasa mereka akan terbiasa melakukan kebaikan dimanapun dan kapanpun mereka berada.

Beberapa Contoh Doa Anak-Anak

  1. Doa sebelum Tidur. Kita bisa mulai mengajarkan doa mau tidur sebelum mereka terlelap dalam tidur mereka. Sehingga setiap kali mereka mau tidur mereka akan terbiasa membaca doa. Hal ini juga bisa menghindarkan ana anda dari mimpi buruk yang datangnya dari syetan.
  2. Doa bangun tidur. Hal ini mungkin akan sangat sulit dibiasakan. Namun ketika membangunkan mereka sambil senantiasa membacakan doa bangun tidur di telinga mereka maka hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik bagi mereka.
  3. Doa akan makan. Sebelum makan sebaiknya kita membujuk dan mengajarkan mereka untuk senantiasa berdoa. Kita bisa membujuk mereka dengan kalimat jika mereka berdoa maka makanan yang kita makan tidak akan berkah dan syetan pun akan merasa senang. Dengan begitu mereka akan mau berdoa. Dan akan terbiasa berdoa sebelum makan.
  4. Doa sesudah makan. Setiap kali selesai makan biasakan dan pantau mereka agar senantiasa mengucapkan alhamdulillah atau doa sesudah makan itu sendiri. Kita bisa memberitahu mereka bahwa dengan mengucap alhhamdulillah maka Allah akan menambah rejeki kita setiap hari.

 

Manfaat Mengajarkan Doa Anak-Anak

  1. Secara tidak langsung saat kita mengajarkan doa pada anak kita maka kita juga sudah mengajarkan sebuah kebaikan pada mereka. Orang yang berdoa sudah tentu mereka adalah orang-orang baik.
  2. Dengan mengajarkan mereka berdoa maka secara tidak langsung juga kita mendapatkan pahala dari Allah sebagai ganjaran atas kebaikan yang kita ajarkan pada anak kita. Anak kita pun juga akan mendapatkan pahala sendiri dari Allah.
  3. Dengan mengajarkan anak kita berdoa maka kita juga akan mendapatkan ketenangan hati tersendiri. Hati kita akan merasa tentram karena dengan begitu kemungkinan besar anak kita akan tumbuh dewasa menjadi anak yang baik, penurut pada orang tua, rajin beribadah, dan lain sebagainya.

Doa anak-anak menjadi hal yang sangat penting yang harus kita ajarkan pada mereka dan kita tanamkan di hati mereka sejak dini. Karena pada dasarnya kebaikan itu jika tidak dipaksakan sejak dini maka akan sulit dibiasakan oleh anak tersebut.

 

 

Leave a Reply

Close Menu