Perlunya Manajemen Waktu Bagi Umat Muslim

Perlunya Manajemen Waktu Bagi Umat Muslim

Pernahkan terpikir oleh Anda mengenai manajemen waktu? Jika selama ini yang banyak disinggung adalah urusan mengenai manajemen bisnis, manajemen usaha, manajemen pendidikan, dan manajemen yang lain, maka kini saatnya Anda untuk memikirkan mengenai manajemen waktu.

Jadi apa sih manajemen waktu itu? Manajemen waktu ialah cara yang Anda lakukan untuk bisa membagi waktu secara seimbang. Membagi waktu untuk apa saja? Jika dipandang melalui kacamata Islam, tentu adalah membagi waktu antara urusan dunia dan urusan akhirat. Lantas mengapa keduanya perlu untuk dibagi? Hal ini dikarenakan sebagai seorang hamba Allah yang merupakan makhluk yang tidak kekal abadi, maka barang pasti jika kelak akan kembali kepada Sanga Maha Pencipta.

Namun, sebelum maut tiba maka pastilah seorang hamba yang hidup di bumi ini perlu untuk melakukan atau pun mengerjakan berbagai urusan duaniawinya. Sebagaimana diketahui jika hidup di dunia ini tidaklah kekal, maka dari itu seorang hamba juga perlu untuk melakukan berbagai kegiatan untuk memenuhi kebutuhan akhiratnya kelak. Agar manusia tidak terlalu terlena dengan gemerlap kenikmatan duniawi, maka patutlah sebagai seorang hamba yang bertaqwa untuk membagi waktunya untuk urusan dunia dan urusan akhiratnya. Keduanya haruslah seimbang, jangan sampai berat sebelah antara urusan dunia dan urusan akhirat.

 

Manajemen Waktu Urusan Dunia

Sebagai khalifah atau makhluk yang diciptakan oleh Allah untuk memimpin bumi, maka sudah barang pasti jika manusia akan memiliki berbagai tugas dan pekerjaan yang berhubungan dengan urusan keduniawian. Berbagai urusan keduniawian ini tentu untuk bisa memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk yang perlu untuk makan agar bisa mendapatkan tenaga.

Namun, jangan sampai segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan keduniawian ini berlebihan dan membuat Anda lupa untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan urusan akhirat. Maka dari itu disinilah perlu adanya manajemen waktu, agar Anda tidak menjadi hamba yang merugi di akhirat karena terlena dengan berbagau urusan dunia. Ketika melakukan berbagai urusan dunia, maka hendaklah bersikap sewajarnya dan secukupnya, seperti:

  • Makan secukupnya dan tidak berlebihan, karena hidup bukan untuk makan, tetapi makan untuk bisa hidup. Sehingga seorang hamba Allah yang baik tidak akan makan terlalu banyak yang dapat merusak kesehatannya sendiri.
  • Tidur secukupnya, jangan tidur terlalu lama sebab Anda akan menjadi manusia yang merugi. Waktu yang tidak akan pernah terulang kembali akan menjadi sia – sia jika lebih banyak digunakan untuk tidur.
  • Mencari rizki secukupnya, jangan habiskan seluruh harta yang kau dapat untuk keperluanmu sendiri. Karena sebagian rizki yang Anda perloleh ada hak untuk anak yatim dan fakir miskin. Jadi belajarlah untuk berbagai kepada sesama.

 

Manajemen Waktu Urusan Akhirat

Saat Anda melakukan berbagai urusan duniawi yang begitu banyak, upayakan Anda bisa menyisipkan berbagai keperluan akhirat Anda. Melalui manajemen waktu yang baik pasti Anda bisa melakukannya. Sebab jika waktu yang Anda miliki terforsir untuk melakukan berbagai urusan duniawi, maka Anda akan menjadi orang yang merugi di akhirat kelak.

Sebab Anda hanya memiliki bekal untuk hidup di dunia saja, sementara kehidupan yang kekal adalah di akhirat kelak, maka persiapkan segala kebutuhan Anda di akhirat kelak. Iangatlah bahwa dunia hanyalah tempat singgah sementara saja, kehidupan sesungguhnya ada di akhirat kelak. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Selalu berdzikir kepada Allah ketika melakukan berbagai aktivitas duniawi. Jadi Anda tidak akan merugi, karena waktu yang Anda miliki Anda gunakan untuk mempersiapkan bekal dunia dan akhirat sekaligus.
  • Sholat tepat waktu. Ketika bekerja tentu Anda merasa lelah, saat mendengar adzan maka segeralah berwudhu dan sholat, Anda juga bisa sekalian memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan relaksasi otot – otot yang tegang akibat bekerja.
  • Melakukan investasi dengan menyiapkan rumah masa depan di linkvazi al azhar memorial garden karawang linkvazi. Ketika Anda sudah menyiapkan rumah masa depan Anda tersebut, maka Anda akan selalu ingat dengan ajal yang bisa kapan saja menjemput.

Leave a Reply

Close Menu